Definisi Sistem Administrator adalah seseorang yang bekerja untuk memelihara dan mengoperasikan sebuah sistem komputer atau jaringan yang berjalan setiap harinya disebuah organisasi/perusahaan. Seorang sistem administrator bisa menyelesaikan segala jenis persoalan mengenai komputer yang tentunya pengetahuannya diatas rata-rata. Seorang technical support yang bertanggung jawab penuh tentang sistem komputer, tugas utamanya adalah memastikan sistem tetap berjalan lancar dalam memberikan pelayanan kepada penggunanya.
Salah satu tugas utamanya adalah pembagian tugas atau peran (Segregation of Duty), disini ia akan memberikan berbagai peran ke berbagai pengguna ketika sistem dikonfigurasikan. Peran ini dapat disesuaikan sesuai kebutuhan. Ketika pengguna masuk ke dalam sistem, sebuah menu berbasis peran akan muncul, hingga membatasi pengguna tersebut hanya ke pekerjaan tertentu saja. Tugas utama berupa:
- Setting menu administrasi,
- Setting user
- Setting SOD (Segregation Of Duties) bagi masing-masing user / bagiannya.
Tugas lainnya dari seorang Administrator :
- Meng-install software dan hardware baru
- Mendukung dan memelihara server atau sistem komputer lainnya
- Merencanakan servis sistem yang masanya sudah habis atau tidak layak lagi
- Menambah user baru
- Konfigurasi hak akses
- Upgrade software
- Memberikan solusi setiap masalah yang ada
- Melakukan proses monitoring terhadap space harddisk dan melakukan backup file-file atau direktori yang penting.
Data Demo Modul Fungsi Setting/Admin
Saya akan menjelaskan modul fungsi setting/admin pada odoo 8. Pertama yang saya lakukan masuk ke localhost:8069/web Kemudian muncul tampilan pembuatan database lalu kita isi form nya dan klik membuat database.
Dan berikutnya saya akan menjelaskan mengenai konfigurasi Users maupun Groups yang ada pada Odoo. Berikut adalah penjelasannya
1. Pertama kita masuk ke server Odoo yang telah dibuat khusus untuk mahasiswa Politeknik STMI dengan mengetikkan URL ini .
2.
Setelah itu kita diarahkan ke laman untuk memilih database yang akan
kita gunakan sesuai dengan PT masing - masing, lalu masukan email dan
password agar kita dapat masuk ke aplikasi Odoo milik PT yang kita
dapatkan.
3. Nah, sekarang kita sudah masuk ke aplikasi Odoo milik PT. Kaktus
Berduri dan sekarang saya akan melakukan konfigurasi User PT. Kaktus
Berduri. Pertama kita harus memilih tab Setting yang terletak di kanan
atas
4. Setelah itu kita akan diarahkan ke laman setting seperti berikut
5. Setelah itu cari tab Users di bagian kiri dan pilih Users tersebut untuk membuat User baru
6. Pada screenshot sebelumnya saya sudah menambahkan user - user yang
ada pada PT. Kaktus Berduri dan juga dengan tugasnya masing - masing.
Jika kalian ingin menambahkan User baru, bisa memilih pada bagian
Create. Pada laman create kita dapat memasukan nama user dan email serta
tugasnya sesuai dengan modul yang dia dapatkan.
7. Setelah selesai mengisi data - data dari Users yang ingin dibuat maka kita klik Save dan otomatis Users baru akan tersimpan.
8.
Kita juga dapat menambahkan Groups dengan cara memilih tab Groups pada
bagian kiri dan kita akan diarahkan ke laman sebagai berikut
9. Terakhir saya akan memberikan screenshot mengenai User dari PT. Kaktus Berduri
Sekian review saya mengenai Modul Setting / Admin yang ada pada Odoo. Sampai bertemu di postingan berikutnya!
0 komentar:
Posting Komentar